Kendaraan Pedesaan Ditargetkan Kelar Tahun Depan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kini sedang mengembangkan prototipe kendaraan pedesaan. Kendaraan pedesaan yang dimaksud akan memiliki fungsi sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan.

Kendaraan Pedesaan Ditargetkan Kelar Tahun Depan

Kemenperin menargetkan prototipe kendaraan niaga multiguna ini kelar diproduksi pada 2017 mendatang. Proyek ini diharapkan dapat mendorong kegiatan ekonomi di pedesaan, termasuk bagi sektor industri kecil dan menengah.

“Saat ini masih dalam tahap desain, modelnya seperti pikap, roda empat dan belakangnya bisa diubah-ubah sesuai aktivitasnya. Untuk variannya akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing. Tahun depan prototipenya sudah bisa rampung,” ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto seperti tertulis dalam siaran persnya.

Selain membuat prototipe, Kemenperin akan menetapkan standar produk kendaraan pedesaan serta mentransfer teknologi kepada peminat yang ingin membuat mobil desa tersebut. Menurut Airlangga, prototipe mobil desa boleh dipergunakan siapa saja yang mau memasarkan dan memproduksi mobil kecil ini.

“Karena bisa dikerjakan sekelas bengkel di desa,” kata Airlangga.

Dalam pelaksanaannya, Kemenperin bersama sejumlah pelaku industri otomotif dan akademisi telah berkomitmen untuk mempercepat pengembangan kendaraan pedesaan. Kesepakatan ini dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Kemenperin dengan Institut Otomotif Indonesia (IOI) dan 22 perguruan tinggi dalam upaya penguatan industri kecil dan menengah di sektor otomotif, peningkatan kapasitas SDM industri otomotif serta pengembangan kendaraan pedesaan. (rgr/lth)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s