Mobil Desa Gantikan Fungsi ‘Gerandong’

Di beberapa daerah, terdapat sebuah angkutan yang disebut gerandong sebagai alat angkutan. Nantinya, peran gerandong akan digantikan oleh mobil pedesaan yang prototipenya sedang disiapkan.

Mobil Desa Gantikan Fungsi Gerandong

“Kalau di Jawa Timur ada yang namanya angkutan gerandong, ada orang punya penggilingan beras terus ditaruh di atas sasis, terus jalan. Sebenarnya (mobil pedesaan) itu untuk mengganti gerandong,” kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menjawab pertanyaan detikOto terkait pengembangan prototipe mobil pedesaan.

Menurut Wikipedia, gerandong atau dedet adalah sebuah kendaraan bermotor rakitan yang digerakkan oleh mesin diesel sebagai alat angkutan. Konstruksi gerandong merupakan hasil kreativitas masyarakat desa yang memadukan teknologi sederhana dan barang bekas untuk menghasilkan kendaraan bermesin.

Prototipe mobil pedesaan itu diharapkan bisa mendorong kegiatan ekonomi di pedesaan, termasuk bagi sektor industri kecil dan menengah. Targetnya, SDM lokal bisa merakit dan memelihara mobil pedesaan itu.

“Mobil pedesaan itu masih pada tahap prototipe. Kita masih milih mana yang paling cocok. Tapi yang jelas konsep mobil pedesaan bukan kita bikin mobil besar-besaran. Kita mau bikin prototipe yang orang desa bisa merakit sendiri, bisa memelihara sendiri. Bahkan target kita adalah SMK-SMK itu bisa merakit dan memelihara,” jelas Putu.

“Tapi sebenarnya tahap awal yang lebih utama adalahmerekabutuhnya seperti apa. Jangan sampai kita buat mobil pedesaan, mereka bilang pakai pikap biasa saja sudah bisa. Tapi ini sebenarnya lebih ke arah kemandirian untuk orang-orang di desa. Kita membuat itu kendaraan yang laik jalan. Jenisnya bisa pikap, bisa cuma mobil untuk narik kereta, belum tahu, masih dibuat, masih dikembangkan,” ujar Putu.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s